Jam :: Whatsapp Resmi 0856-5494-1105 e-Mail infokomsmtiptk@gmail.com
Halo Sobat Industri
Sabtu, 20 Jul 2024
  • Selamat Datang di Zona Integritas SMK-SMTI Pontianak | Wilayah Bebas dari Korupsi | Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
27 Oktober 2023

Upaya Peningkatan Daya Saing SDM Industri, SMK-SMTI Pontianak Gandeng PT Mahajaya Plastindo Indonesia dalam Program Silver Expert

Jumat, 27 Oktober 2023 Kategori : Berita Sekolah

smtipontianak.sch.id, Pontianak – Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan industri, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang di bawah naungan Badan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindutrian menerapkan kurikulum link and match dengan industri serta program silver expert. Program silver expert ini menghadirkan pelaku industri yang sudah berpengalaman di bidangnya untuk mengajar di lingkungan sekolah. Untuk itu, SMK-SMTI Pontianak telah menggandeng beberapa industri yang sesuai dengan bidangnya untuk turut mengajar dan mengasah kemampuan siswa.

Sebelumnya dari PT Anugerah Rezeki Teknindo telah hadir untuk mengajar siswa SMK-SMTI Pontianak di jurusan Teknik Pemesinan. Kali ini telah hadir dari PT Mahajaya Plastindo Indonesia untuk mengajar siswa Teknik Kimia Industri dan Teknik Otomasi Industri. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari pada tanggal 26-27 Oktober 2023 di SMK-SMTI Pontianak.

“Silver expert merupakan program yang hanya dimiliki oleh BPSDMI Kemenperin dan diatur oleh Perkaban Nomor 7 Tahun 2023. Dalam hal ini dimaksudkan siswa belajar bersama pihak industri yang mumpuni di bidangnya, baik dalam hard skill maupun soft skill di dunia industri. Diharapkan juga siswa yang mengikuti silver expert ini untuk aktif bertanya kepada narasumber selama proses pembelajaran sehingga ketercapaian kompetensi bisa diperoleh sangat baik.” terang Setyo Widayanti selaku Waka Kesiswaan dalam pembukaan silver expert.

PT Mahajaya Plastindo Indonesia menghadirkan Bagus Supriyadi dan Andy Pratama sebagai narasumber. Narasumber mengawali pembelajaran dengan memberikan teori kemudian dilanjutkan dengan praktik. Di akhir pembelajaran siswa juga akan melakukan assessment. Sebelum dilaksanakan silver expert, SMK-SMTI Pontianak dan PT Mahajaya Plastindo Indonesia melakukan Technical Meeting (TM) untuk menyamakan visi dan misi serta materi yang akan disampaikan dalam kegiatan tersebut. Materi untuk siswa Teknik Kimia Industri yaitu proses industri manufaktur dan pengolahan plastik. Siswa Teknik Otomasi Industri mendapat materi tentang pengoperasian mesin manufaktur berbasis otomasi industri.

Program silver expert ini dihadirkan sebagai bentuk kerja sama dengan industri, serta mendorong dan meningkatkan daya saing SDM industri di Indonesia.

Artikel ini juga tayang pada laman TribunNews Pontianak https://pontianak.tribunnews.com/2023/10/27/tingkatkan-daya-saing-sdm-industri-smk-smti-pontianak-gandeng-mpi-di-silver-expert

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

SMK-SMTI Pontianak

SMK-SMTI Pontianak adalah salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Lokasi Kami

Jl. Sulawesi Dalam No.31, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Ikuti Sosial Media Kami