Jam :: Whatsapp Resmi 0856-5494-1105 e-Mail infokomsmtiptk@gmail.com
Halo Sobat Industri
Sabtu, 20 Jul 2024
  • Selamat Datang di Zona Integritas SMK-SMTI Pontianak | Wilayah Bebas dari Korupsi | Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
10 Juli 2024

SMK-SMTI Pontianak Laksanakan Pemetaan/Penilaian Potensi dan Kompetensi ASN Di BKN Pontianak

Rabu, 10 Juli 2024 Kategori : Berita Sekolah / Event

SMTIPONTIANAK.SCH.ID, PONTIANAK – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang berkualitas di dalamnya. Sebagai bagian dari upaya ini,  Kemenperin bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaksanakan pemetaan/penilaian potensi dan kompetensi ASN di lingkungan Kemenperin dengan metode Computer Assisted Competency Test (CACT).

Adapun ujian CACT merupakan salah satu metode terkini yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, pemecahan masalah, dan potensi pengembangan individu meliputi tiga aspek pengujian yaitu uji manajerial dan sosiokultural, uji literasi digital, dan uji emerging skills. Dengan berbasis teknologi, ujian ini dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai potensi dan kualitas para aparatur negara.

Dari penilaian tersebut diharapkan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan individu dalam konteks tugas dan tanggung jawab, membantu dalam rencana pengembangan karir pegawai dan memberikan panduan yang lebih baik dalam penempatan dan penugasan tugas. Dengan demikian, dapat memudahkan dalam mendukung pengembangan manajemen talenta ASN.

Tiap satuan kerja (satker) di bawah Kemenperin mendapat jadwal yang sudah ditentukan. Di Pontianak sendiri mendapatkan jadwal pada Selasa, 9 Juli 2024 di UPT BKN Pontianak. Peserta merupakan gabungan dari satker SMK-SMTI Pontianak serta Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Pontianak dengan jumlah 101 peserta yang dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi 1 dilaksanakan pukul 07:30—12:30 WIB, sedangkan sesi 2 dilaksanakan pukul 12:30—17:30 WIB.

Sebelum pelaksanaan penilaian kompetensi dilangsungkan, Senin, 8 Juli 2024 Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia yang diwakili oleh Novian Siwi Harwantomo bersama Layyina Humaira dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) terlebih dahulu berkunjung ke SMK-SMTI Pontianak dalam rangka kunjungan kerja sekaligus pemantauan pelaksanaan pemetaan/penilaian potensi dan kompetensi ASN. Dalam kunjungan tersebut, juga dilakukan kunjungan ke laboratorium dan workshop SMK-SMTI Pontianak.

SMK-SMTI Pontianak

SMK-SMTI Pontianak adalah salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Lokasi Kami

Jl. Sulawesi Dalam No.31, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Ikuti Sosial Media Kami