Jam :: Whatsapp Resmi 0856-5494-1105 e-Mail infokomsmtiptk@gmail.com
Halo Sobat Industri
Sabtu, 20 Jul 2024
  • Selamat Datang di Zona Integritas SMK-SMTI Pontianak | Wilayah Bebas dari Korupsi | Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
15 Desember 2023

SMK SMTI Pontianak Borong Kejuaraan Lomba Kreativitas dan Inovasi 2023 se-Kalimantan Barat dan Nasional

Jumat, 15 Desember 2023 Kategori : Berita Sekolah

SMTIPONTIANAK.SCH.ID, PONTIANAK – Akhir tahun 2023, SMK SMTI Pontianak kembali meraih prestasi dengan memborong kejuaraan pada lomba kreativitas dan inovasi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri, Universitas Tanjungpura. Pada perlombaan tersebut terdapat 3 bidang yang dikompetisikan, diantaranya Innovate Prototype, Business Plan, dan Design Poster. SMK SMTI Pontianak mengirim tim terbaiknya untuk mengikuti lomba Bidang Innovate Prototype tingkat SMA/SMK/MA sederajat se-Kalimantan Barat dan Design Poster tingkat SMA/SMK/MA Nasional.

Empat  Tim SMK SMTI Pontianak yang berkompetisi di Bidang Innovate Prototype berhasil menjadi finalis dan berkesempatan mempresentasikan karya di hadapan dewan juri pada Kamis, 14 Desember 2023. Sementara itu, satu tim lainnya berhasil lolos sebagai finalis dalam Bidang Kategori Design Poster.

Melalui persaingan yang ketat dan selektif, SMK SMTI Pontianak dinyatakan berhasil meraih semua tingkat juara, yakni Juara  1, 2, dan 3 dalam Bidang Innovate Prototype. Juara 1 diraih oleh Tim Alpenamen, diwakili siswa Konsentrasi Keahlian Teknik Pemesinan, yang beranggotakan Muhammad Fadhila Upara, Aprillian Maulana Habibi, dan Dwi Rizky Ramadhan. Juara 2 diraih oleh Tim The Automation, siswa Konsentrasi Keahlian Teknik Otomasi Industri, beranggotakan Adhyasta Thaddea S, Zaky Anwar Makarim, dan Raghid Abiyyu Nuha. Juara 3 diraih oleh Tim Siros, siswa dari Konsentrasi Keahlian Teknik Otomasi Industri, yang beranggotakan Bima Raditya, Defframa Cangga D, Rozi Fadilah Rizki.

Berbagai inovasi berbasis IoT dipaparkan oleh para finalis SMK SMTI Pontianak, sesuai tema lomba yang diusung, Transformasi Industri Menuju Indonesia Emas 2045 melalui Optimalisasi Society 5.0.

“Kreativitas para siswa SMK SMTI Pontianak ini patut diapresiasi. Dengan didampingi guru pembimbing yang kompeten, mereka dapat menghasilkan berbagai karya prototype, diantaranya Alpenamen berupa alat pemupuk dan penanam efisien, Fish Feeder yang dapat dikontrol jarak jauh melalui smartphone, dan SIROS sebagai alat penyiram tanaman otomatis berbasis sensor kelembapan tanah. Akhirnya, karya – karya tersebut sekaligus mengantarkan mereka menjadi juara tingkat provinsi”, ucap Kepala SMK SMTI Pontianak, Marwandi.

Tak hanya itu, pada Bidang Design Poster Tingkat Nasional, Tim SMK SMTI Pontianak dari Konsentrasi Keahlian Teknik Otomasi Industri, beranggotakan Ardeta Nathaniela Maydesta Marpaung dan Rizal Firany berhasil menyingkirkan 8 finalis lainnya, sehingga meraih Juara 2.

Prestasi yang diperoleh tentunya tidak lepas dari beberapa pendukung. Salah satunya dari media pembelajaran yang diterapkan SMK SMTI Pontianak dengan teknologi berbasis IoT dan digital.

“Kebahagiaan serta kebanggaan di akhir tahun 2023 ini karena siswa SMK SMTI Pontianak mendapat kejuaraan, bahkan memborong juara 1, 2, dan 3 bidang lomba innovate prototype serta juara 2 bidang design poster. Tentunya, harapan prototipe dari karya siswa ini bisa diterapkan dan terus membuat inovasi menuju Indonesia emas 2045. Selain itu, diharapkan juga bagi siswa lainnya untuk terus berlomba mengukir prestasi”, tutup Marwandi.

Artikel ini juga tayang pada laman TribunNews Pontianak : https://pontianak.tribunnews.com/2023/12/15/smk-smti-pontianak-borong-juara-lomba-kreativitas-dan-inovasi-2023-se-kalbar-dan-nasional

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

SMK-SMTI Pontianak

SMK-SMTI Pontianak adalah salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Lokasi Kami

Jl. Sulawesi Dalam No.31, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Ikuti Sosial Media Kami