Jam :: Whatsapp Resmi 0856-5494-1105 e-Mail infokomsmtiptk@gmail.com
Halo Sobat Industri
Sabtu, 20 Jul 2024
  • Selamat Datang di Zona Integritas SMK-SMTI Pontianak | Wilayah Bebas dari Korupsi | Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
29 November 2023

SMK SMTI Banda Aceh Lakukan Studi Tiru Implementasi 4.0 di SMK SMTI Pontianak

Rabu, 29 November 2023 Kategori : Berita Sekolah

SMTIPONTIANAK.SCH.ID, PONTIANAK – SMK SMTI Pontianak menerima kunjungan studi tiru dari SMK SMTI Banda Aceh pada Selasa dan Rabu, 28 s.d. 29 November 2023 . Studi tiru dilaksanakan terkait implementasi 4.0 di SMK SMTI Pontianak, berupa Smart School 4.0 yang memanfaatkan sistem Internet of Things (IoT).

Smart School 4.0 merupakan sebuah sistem monitoring dan evaluasi pembelajaran terpadu di sekolah, yang memanfaatkan teknologi informasi dalam semua aspek pendidikan. Salah satu sistem yang dimiliki SMK SMTI Pontianak untuk pembelajaran, yaitu Sistem Informasi Akademik (SIA).

Pada awalnya, SIA digunakan untuk pembelajaran jarak jauh atau daring bagi siswa prakerin. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan orangtua serta wali kelas untuk memantau perkembangan belajar siswa.

“SIA ini ada berawal untuk siswa yang sedang melakukan pembelajaran dual system dimana siswa melakukan prakerin dan tetap belajar secara daring. Kemudian adanya covid-19 dikembangkan juga untuk tingkatan kelas lainnya”, terang Muchlis selaku Waka Kurikulum saat menyambut kedatangan rombongan.

“Implementasi 4.0 di SMK SMTI Pontianak juga dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan”, tambah Zulfikri selaku Waka Sarana dan Prasarana.

Rombongan SMK SMTI Banda Aceh, terdiri dari Waka Kurikulum, Kepala Program, dan Kepala Laboratorium/Workshop, berkesempatan mengunjungi workshop dan laboratorium, serta area penerapan 4.0 di SMK SMTI Pontianak.

Kepala SMK SMTI Pontianak, Marwandi turut menerangkan pengembangan SMART sistem lainnya, berupa Smart Workshop dan Smart Tracking and Activity.

“Smart Workshop dirancang untuk mengetahui progres kerja siswa saat praktek, sedangkan Smart Tracking and Activity memberikan informasi mengenai lokasi siswa dan box benda kerja di area workshop”, jelasnya.

“Sistem tersebut memanfaatkan teknologi RFID, dimana label RFID dipasang pada box benda kerja dan helm operator, sedangkan RFID reader terpasang pada workstation yang dilalui operator”, lanjut Marwandi.

“Data RFID tersimpan secara real time lalu diolah menjadi big data. Dengan demikian, guru maupun kepala sekolah dapat memantau kinerja siswa melalui tab ataupun monitor yang ada di ruang kontrol”, tutupnya.

Pada akhir kunjungan, kepala sekolah beserta pegawai berterima kasih kepada rombongan SMK SMTI Banda Aceh atas kunjungannya dan berkenan untuk melakukan studi tiru atas pengembangan tranformasi digital di SMK SMTI Pontianak. Setelahnya, kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dan pemberian cendera mata.

Artikel ini juga tayang pada laman TribunNews Pontianak, https://pontianak.tribunnews.com/2023/11/29/smk-smti-banda-aceh-lakukan-studi-tiru-implementasi-40-di-smk-smti-pontianak

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

SMK-SMTI Pontianak

SMK-SMTI Pontianak adalah salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Lokasi Kami

Jl. Sulawesi Dalam No.31, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Ikuti Sosial Media Kami