Jam :: Whatsapp Resmi 0856-5494-1105 e-Mail infokomsmtiptk@gmail.com
Halo Sobat Industri
Sabtu, 20 Jul 2024
  • Selamat Datang di Zona Integritas SMK-SMTI Pontianak | Wilayah Bebas dari Korupsi | Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
8 Maret 2024

Seminar Literasi Digital Sektor Pendidikan di SMK SMTI Pontianak “Menghadapi Tantangan Cyber Strategi Pendidikan untuk Keamanan Digital”

Jumat, 8 Maret 2024 Kategori : Berita Sekolah

SMTIPONTIANAK.SCH.ID, PONTIANAK – Pengurus Pusat Relawan TIK Indonesia menggelar kegiatan Kominfo dengan menyelenggarakan Seminar Literasi Digital di SMK SMTI Pontianak, Rabu (7/3/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Setyo Widayanti.

Dalam sambutannya Setyo Widayanti mengatakan, dalam mewujudkan generasi cerdas di SMK SMTI Pontianak para siswa haruslah melek teknologi informasi. Kemampuan literasi digital menjadi kemampuan strategis yang harus dimiliki saat ini.

”Siswa SMK SMTI Pontianak Selaku Generasi muda saat ini harus mampu menggunakan teknologi untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat dan mengomunikasikan konten/informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal,” Setyo Widayanti.

Dalam seminar tersebut hadir pula dua Narasumber Lain yaitu Hani Purnawati Selaku Pengurus Pusat Relawan TIK Indonesia dan Aldy Tri Wahyudi Pandu Relawan Kalbar.

Hani Purnawati mengingatkan banyaknya konten negatif saat ini yang tersebar di masyarakat. Keberadaan konten negatif dapat merusak ekosistem digital yang saat ini hanya bisa di tangkal dengan membangun kesadaran dari tiap-tiap individu terutama dikalang generasi muda khususnya kaum pelajar yang perlu meningkatkan literasi akan dampak dari kerusakan yang ditimbulkan akibat ketidak cakapan dalam bermedia sosial.

“Banyak informasi negatif yang bertebaran dan itu perlu diantisipasi dengan memiliki kemampuan dalam memilah, memilih dan membaca secara analitik agar mendapatkan informasi yang benar dan valid,” himbau Hani Purnawati.

Selain itu, Aldy Tri Wahyudi juga turut menambahkan tips dan trik dalam menjaga privasi dan keamanan data pribadi serta beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk menanggulangi kebocoran data.

“Diharapkan melalui kegiatan Seminar Literasi Digital ini, para siswa,genari muda yang cerdas serta melek teknologi harus mampu menggunakan internet lebih pintar dan bijak serta bertanggungjawab, serta lebih banyak memproduksi konten–konten yang positif untuk diunggah ke media sosial sehingga memberi dampak baik bagi para pengguna internet,” pungkas Aldy Tri Wahyudi

SMK-SMTI Pontianak

SMK-SMTI Pontianak adalah salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Lokasi Kami

Jl. Sulawesi Dalam No.31, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Ikuti Sosial Media Kami