Jam :: Whatsapp Resmi 0856-5494-1105 e-Mail infokomsmtiptk@gmail.com
Halo Sobat Industri
Sabtu, 20 Jul 2024
  • Selamat Datang di Zona Integritas SMK-SMTI Pontianak | Wilayah Bebas dari Korupsi | Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
4 April 2023

Peserta Didik Kelas XII SMK SMTI Pontianak Semangat Mengikuti Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan Berbasis Komputer

Selasa, 4 April 2023 Kategori : Uncategorized

smtipontianak.sch.id – Setelah mengikuti program pendidikan selama hampir tiga tahun, kini saatnya peserta didik kelas XII SMK SMTI Pontianak berjuang untuk memperoleh kelulusan sebagai buah manis dari kegigihan dan ketekunan mengikuti proses belajar mengajar, baik di sekolah maupun di industri (pada saat prakerin).

Senin (3/4) telah berlangsung Penilaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) hari pertama, bagi peserta didik kelas XII SMK SMTI Pontianak untuk tiga jurusan. Tercatat sebanyak 302 peserta didik kelas XII yang menjalani PSSP, meliputi 102 orang dari Jurusan Kimia Industri, 135 orang dari Jurusan Teknik Pemesinan, dan 65 orang dari Jurusan Analisis Pengujian Laboratorium.

Ditemui usai mengikuti ujian, salah satu peserta ujian, Haura Nadhira Mahsa mengaku antusias mengikuti PSSP di hari pertama ini, dan merasa puas dengan hasil yang diperoleh pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

“PSSP hari pertama ini sebenarnya sedikit gugup, tapi saya yakin karena untuk persiapan PSSP, saya bukan tipe yang suka belajar dengan sistem kebut semalam. Saya belajar dari jauh–jauh hari untuk persiapan. Ditambah lagi ujian di bulan puasa ini, saya tidak melewatkan sahur supaya bisa fokus dan saat belajar, saya tidak sungkan bertanya ke guru kalau ada yang belum paham”, tuturnya.

“Yang bikin deg–degan karena nilainya langsung keluar dan alhamdullilah memuaskan. Ujian tadi lancar dan tidak ada hambatan, semoga ke depannya tetap lancar jaya sampai hari terakhir”, harapnya.

Kepala SMK SMTI Pontianak, Marwandi menerangkan keikutsertaan peserta didik dalam PSSP merupakan salah satu persyaratan peserta didik dinyatakan lulus dari SMK SMTI Pontianak, yang berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

“Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 memuat tentang ketentuan bahwa kelulusan mempertimbangkan asesmen kelas awal sampai asesmen kelas akhir dengan kriteria kelulusan meliputi: telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran yang dibuktikan dengan nilai rapor tiap semester, telah mengikuti penilaian sumatif satuan pendidikan, mengikuti uji kompetensi kejuruan (UKK) serta keputusan rapat para dewan guru”, terangnya.

PSSP SMK SMTI Pontianak dijadwalkan berlangsung selama 7 hari yang dimulai dari Senin, 3 April 2023 dan akan berakhir pada Rabu, 12 April 2023, dengan mata pelajaran yang diujikan meliputi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Teori Kejuruan, dan Bahasa Mandarin.

Penulis, Editor : Ni Luh W. | Dokumentasi : Agung

Artikel ini juga tayang pada laman TribunNews Pontianak https://pontianak.tribunnews.com/2023/04/04/peserta-didik-kelas-xii-smk-smti-pontianak-semangat-mengikuti-pssp-berbasis-komputer

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

SMK-SMTI Pontianak

SMK-SMTI Pontianak adalah salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Lokasi Kami

Jl. Sulawesi Dalam No.31, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Ikuti Sosial Media Kami