Jam :: Whatsapp Resmi 0856-5494-1105 e-Mail infokomsmtiptk@gmail.com
Halo Sobat Industri
Sabtu, 20 Jul 2024
  • Selamat Datang di Zona Integritas SMK-SMTI Pontianak | Wilayah Bebas dari Korupsi | Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
30 Oktober 2023

Inovasi Rol Cat Antarkan Siswa SMK SMTI Pontianak Raih Juara 3 LKTI se-Kalimantan Barat

Senin, 30 Oktober 2023 Kategori : Berita Sekolah

smtipontianak.sch.id, Pontianak – Siswa SMK SMTI Pontianak berhasil meraih Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-4 Universitas Widya Dharma, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Pembuatan Rol Cat dengan Menggunakan Pompa Mini karya siswa yang tergabung dalam tim LKTI Teknik Pemesinan SMK SMTI Pontianak, Agus Satrya, Muhammad Bintang Rayyasa, dan Prayogi Wicaksono mencuri perhatian dewan juri pada kegiatan yang mengangkat tema “Peran Pemuda dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia Menuju Kalbar Maju dan Sejahtera” tersebut.

Alat rol cat dengan pompa mini merupakan inovasi yang dibuat Tim LKTI SMK SMTI Pontianak untuk menyelesaikan permasalahan yang sering dihadapi oleh industri properti, khususnya tukang interior.

“Masalah yang sering dihadapi oleh tukang cat bangunan adalah banyaknya cat yang tercecer di lantai dan waktu pengerjaan yang lama, dikarenakan harus berulang kali mencelupkan rol cat ke dalam wadah penampungan cat”, ungkap Ketua Tim LKTI, Agus Satrya.

“Dengan menggunakan alat inovasi ini, tukang cat bangunan tidak perlu lagi berulang kali mencelupkan rol cat ke dalam penampungan cat, namun cukup menekan push button untuk memindahkan cat dari penampungan cat ke dalam rol cat”, lanjutnya.

“Efektivitas yang dihasilkan dengan menggunakan alat rol cat dengan pompa mini ini sebesar 48,5 % dari segi penghematan waktu kerja. Alat ini juga memiliki keunggulan antara lain, mudah diduplikasi, biaya pembuatan yang murah, portable, mudah perawatan, dan mampu mengurangi cat yang tercecer ketika proses pengecatan dinding bangunan”, imbuh guru pendamping LKTI, Brusmantio Adilaputro.

Kepala SMK SMTI Pontianak, Marwandi mendukung penuh kreativitas siswa dan peran guru pembimbing, sehingga dapat mengukir prestasi dalam kegiatan ini.

“Keikutsertaan di berbagai perlombaan seperti LKTI ini menjadi ajang pembuktian diri bagi siswa SMK SMTI Pontianak atas kemampuan berpikir kritis dan problem solving terhadap masalah yang ditemui di sekitar”, ujar Marwandi.

“Dengan pencapaian ini, semoga siswa – siswi SMK SMTI Pontianak semakin bersemangat dalam berkarya menghasilkan inovasi – inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar”, pungkasnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

SMK-SMTI Pontianak

SMK-SMTI Pontianak adalah salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Lokasi Kami

Jl. Sulawesi Dalam No.31, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Ikuti Sosial Media Kami