Jam :: Whatsapp Resmi 0856-5494-1105 e-Mail infokomsmtiptk@gmail.com
Halo Sobat Industri
Sabtu, 20 Jul 2024
  • Selamat Datang di Zona Integritas SMK-SMTI Pontianak | Wilayah Bebas dari Korupsi | Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
24 Juni 2024

Asesmen Sertifikasi Kompetensi Teknis Analisis Pengujian Laboratorium Bagi Tenaga Pendidik SMK SMTI Pontianak

Senin, 24 Juni 2024 Kategori : Berita Sekolah

SMTIPONTIANAK.SCH.ID, PONTIANAK –Asesmen Sertifikasi Kompetensi Teknis Analisis Pengujian Laboratorium dilaksanakan untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi tenaga pendidik khususnya pada Tenaga Pendidik konsetrasi keahlian Analisis Pengujian Laboratorium. Hal tersebut dikarenakan tuntutan kebutuhan industri di bidang Analisis Pengujian Laboratorium menghendaki tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang terstandarisasi dan profesional. Tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang baik bersumber dari proses pendidikan yang baik, maka untuk membangun, memelihara, dan memastikan kompetensi bagi peserta didik program keahlian Analisis Pengujian Laboratorium sehingga perlu diselenggarakannya sertifikasi kompetensi Teknis.

BPSDMI Kementerian Perindustrian memfasilitasi adanya Program Sertifikasi Kompetensi Teknik bagi tenaga pendidik di sekolah Menengah Kejuruan SMTI Pontianak bekerja sama dengan LSP Telapi (Tenaga Laboratorium Pengujian Indonesia) sebagai penguji yang di Laksanakan di SMK SMTI Pontianak. Tim Penguji sebagai Assesor Kompetensi berasal dari LSP Telapi yaitu Sulistiowati, S.Si.,M,Pd dan Dr. Cut Dian Nursanty, M.Ling.

Asesmen ini dilaksanakan satu hari penuh pada Jumat, tanggal 21 Juni 2024 mulai pukul 08.00-17.00 WIB.  Peserta yang mengikuti asesmen adalah guru SMK SMTI Pontianak dengan jumlah 8 orang yang terdiri dari 6 orang mengambil skema uji Analisis Volumetri antara lain Sinarsih, Gunawan, Hesti Ratnaningrum , Izza Rahmani, Eva Humaira dan Edi Supriadi serta skema uji analisis Mikrobiologi sebanyak 2 orang yaitu Misbachuf Munir dan Cyntia sari dewi.

“Setelah mengikuti asesmen ini, harapannya adanya pengakuan resmi terhadap kompetensi peserta dalam bidang tenaga Jasa Pengujian Laboratorium khususnya sebagai tenaga analis Volumetri dan analis Mikrobiologi  yang nantinya dapat digunakan sebagai kompetensi pendukung tenaga pendidik dalam melaksanakan uji kompetensi bagi siswa SMK SMTI Pontianak” terang Siti Nurjanna selaku ketua LSP SMK SMTI Pontianak.

Proses Uji Kompetensi Skema sertifikasi yang diujikan adalah Analisisi Volumetri dan Analisis Mikrobiologi  menggunakan metoda praktek, tertulis, lisan, pengamatan dengan cara yang handal dan objektif, serta berdasarkan dan konsisten dengan skema sertififikasi Analisis Pengujian Laboratorium. Uji kompetensi dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Sewaktu di LSP SMK SMTI Pontianak yang ditetapkan melalui verifikasi baik Peralatan teknis yang digunakan dalam proses pengujian skema sertifikasi dan dikalibrasi oleh pihak Telapi. Hasil proses asesmen yang telah memenuhi aturan bukti VATM (Valid, asli, Terkini, Memadai) direkomendasikan Kompeten.

SMK-SMTI Pontianak

SMK-SMTI Pontianak adalah salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Lokasi Kami

Jl. Sulawesi Dalam No.31, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Ikuti Sosial Media Kami