Jam :: Whatsapp Resmi 0856-5494-1105 e-Mail infokomsmtiptk@gmail.com
Halo Sobat Industri
Sabtu, 20 Jul 2024
  • Selamat Datang di Zona Integritas SMK-SMTI Pontianak | Wilayah Bebas dari Korupsi | Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
20 Oktober 2023

Asah Kompetensi Siswa di Bidang Pengelasan, SMK SMTI Pontianak Menggandeng PT Anugerah Rezeki Teknindo dalam Kegiatan Silver Expert

Jumat, 20 Oktober 2023 Kategori : Berita Sekolah

smtipontianak.sch.id, Pontianak – Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada unit pendidikan vokasi industri, SMK SMTI Pontianak melalui kerja sama dengan industri, lembaga/pihak lain baik di dalam dan di luar negeri maupun melalui penempatan praktisi atau tenaga ahli industri yang berpengalaman dan purnatugas melaksanakan kegiatan Silver Expert sebagai pendidik atau instruktur bagi para siswa.

Kegiatan Silver Expert dari DU/DI yang hadir di sekolah akan melaksanakan proses pembelajaran yang disesuaikan dengan kompetensi kehalian dari program keahlian sehingga peserta didik dalam program ini akan mendapatkan pengalaman belajar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyelanggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta meningkatkan relevansi penyelenggaraan pendidikan vokasi dalam menghasilkan lulusan yang kompeten.

Pada Selasa dan Rabu, 17 dan 18 Oktober 2023, SMK SMTI Pontianak melaksanakan kegiatan ini dengan mengundang tenaga teknis pengelasan dari PT Anugerah Rezeki Teknindo untuk menjadi narasumber Silver Expert bagi siswa kelas X dan XI program keahlian Teknik Pemesinan. Sebelum melaksanakan kegiatan ini, telah dilakukan technical meeting bersama panitia dan PT Anugerah Rezeki Teknindo untuk menyamakan visi dan misi kegiatan serta materi yang akan disampaikan kepada siswa.

Materi pada Selasa, 17 Oktober 2023 berkaitan dengan motivasi budaya kerja yang diberikan oleh Direktur Utama PT Anugerah Rezeki Teknindo yaitu Danny Koh. Selanjutnya diberikan juga materi profil perusahaan untuk memperkenalkan proses dan produk bisnis perusahaan yang disampaikan oleh Denny Novianto. Kemudian materi utama pada jenis-jenis teknis pengelasan SMAW, TIG dan MIG serta kegagalan-kegagalan dalam mengelas disampaikan oleh Suhardi yang juga alumni SMK SMTI Pontianak dan telah berpengalaman di bidang pengelasan selama lebih dari 20 tahun.

Pada hari kedua Rabu, 18 Oktober 2023, dilaksanakan praktek pengelasan sebagai implementasi dari materi yang diberikan di hari Selasa. Peserta praktek pengelasan adalah rombongan belajar kelas X TP 4 dan XI TP 3 yang diberikan tugas membuat produk berupa sebuah kotak sederhana dan akan dinilai oleh pengajar setelah kegiatan selesai.

Suhardi, selaku narasumber Silver Expert mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perusahaan karena dapat menjadi ajang promosi program pendidikan dual system dan juga menjadi wadah sinkronisasi kompetensi antara guru-guru di sekolah dan DU/DI sehingga ketika peserta didik terjun melaksanakan program praktek kerja industri telah memiliki kompetensi yang serupa dengan praktek di lapangan.

Artikel ini juga tayang pada laman TribunNews Pontianak https://pontianak.tribunnews.com/2023/10/20/asah-kompetensi-pengelasan-smk-smti-pontianak-gandeng-pt-anugerah-rezeki-teknindo-di-silver-expert

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

SMK-SMTI Pontianak

SMK-SMTI Pontianak adalah salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Lokasi Kami

Jl. Sulawesi Dalam No.31, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Ikuti Sosial Media Kami