Jam :: Whatsapp Resmi 0856-5494-1105 e-Mail infokomsmtiptk@gmail.com
Halo Sobat Industri
Sabtu, 20 Jul 2024
  • Selamat Datang di Zona Integritas SMK-SMTI Pontianak | Wilayah Bebas dari Korupsi | Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
15 Desember 2023

Ajukan PRL Skema Uji Kompetensi, LSP SMK SMTI Pontianak Jalani Witness Uji oleh BNSP

Jumat, 15 Desember 2023 Kategori : Berita Sekolah

SMTIPONTIANAK.SCH.ID, PONTIANAK – Demi menjamin lulusan menjadi tenaga kerja yang kompeten, LSP SMK SMTI Pontianak mengajukan Penambahan Ruang Lingkup (PRL) Skema Uji Kompetensi Bidang Keahlian Teknik Otomasi Industri. Sebagai tindak lanjut dari pengajuan PRL tersebut, maka pada hari Kamis, 14 Desember 2023 Tim Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melaksanakan penyaksian (witness) uji di TUK Teknik Otomasi Industri LSP SMK SMTI Pontianak.

“Adapun skema uji kompetensi yang diajukan meliputi tiga klaster kompetensi, yang tergolong dalam Skema KKNI Level III, diantaranya Pengoperasian & Pemeliharaan Peralatan dan Sistem Kelistrikan, Pengoperasian & Pemeliharaan Peralatan dan Sistem Pneumatik, serta Pengoperasian & Pemeliharaan Peralatan dan Sistem Elektronik”, terang Ketua LSP SMK SMTI Pontianak, Siti Nurjanna.

“Witness yang dilakukan Tim Asesor BNSP bertujuan untuk meninjau dan menilai proses pelaksanaan uji kompetensi, khususnya pada Skema KKNI Level III Teknik Otomasi Industri agar sesuai dengan standar operasional prosedur”, ucap Lead Asesor BNSP, Moh. Ali Shodiqin pada acara pembukaan di Ruang Rapat SMK SMTI Pontianak.

“Selain itu, saya bersama rekan asesor BNSP, Ahdan Zainal Khafidz, juga akan melakukan pemeriksaan dokumen untuk menilai kesesuaian tata cara uji berdasarkan pedoman BNSP”, imbuhnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Zulfikri mengungkapkan kesuksesan Witness Uji untuk PRL Teknik Otomasi Industri ini akan berdampak positif bagi lulusan Teknik Otomasi Industri, sehingga dapat bersaing di dunia kerja.

“Jika uji kompetensi dari skema yang diajukan hari ini sudah sesuai, maka LSP SMK SMTI Pontianak akan resmi memiliki 4 skema sertifikasi KKNI. Dengan demikian, kami berharap lulusan SMK SMTI Pontianak, khususnya Konsentrasi Keahlian Teknik Otomasi Industri juga dapat memiliki sertifikat kompetensi, sehingga memperluas peluang diterima bekerja di industri otomasi”, tutup Zulfikri.

Artikel ini juga tayang pada laman TribunNews Pontianak : https://pontianak.tribunnews.com/2023/12/15/ajukan-prl-skema-uji-kompetensi-lsp-smk-smti-pontianak-jalani-witness-uji-oleh-bnsp

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

SMK-SMTI Pontianak

SMK-SMTI Pontianak adalah salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Lokasi Kami

Jl. Sulawesi Dalam No.31, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Ikuti Sosial Media Kami