SMKN 2 Teluk Keramat Harap Bisa Bekerja Sama dalam Pengembangan SIA dengan SMTI Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kepala SMKN 2 Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Yuli Ariati SP MP dan jajarannya melakukan kunjungan kerja ke SMK SMTI Pontianak pada Kamis, 11 November 2021.

Kepala SMK SMTI Pontianak Marwandi M.Pd. beserta staf memperkenalkan program-program unggulan sekolah.

Mulai sistem blok praktik dan moving class dalam pembelajaran, Learning Management System (LMS) berupa Sistem Informasi Akademik (SIA), Teaching Factory, hingga pelaksanaan uji kompetensi siswa yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pihak Pertama SMK SMTI Pontianak.

Yuli Ariati sangat terkesan dan kagum dengan sistem yang diterapkan di SMK SMTI Pontianak selalu mengacu pada implementasi industri 4.0.

“SMK SMTI Pontianak ini sangat luar biasa. Dari pertama masuk sudah disambut dengan baik oleh petugas sampai berkeliling melihat langsung mesin-mesin dan peralatan yang digunakan saat praktik. Penerapan sistem digital 4.0 dalam pemantauan pembelajaran juga sudah sangat canggih,” kata Yuli Ariati. 

Kepala SMK N 2 Teluk Keramat tersebut juga mengaku berkali – kali memperoleh rekomendasi dari pihak terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dan rekan guru sejawat di sekolah lainnya untuk berkunjung ke sini.

Guna melakukan studi banding pelaksanaan uji kompetensi yang diselenggarakan LSP dan sarana prasarana pembelajaran.

“Saya juga sudah berkali – kali diberi rekomendasi dari rekan-rekan sejawat dan Kabid Pembinaan SMK Provinsi Kalimantan Barat untuk berkunjung ke SMK SMTI Pontianak kalau ingin informasi mengenai penyelenggaraan uji kompetensi bagi siswa, sistem informasi akedemik (SIA), dan fasilitas pendidikannya. LSP SMK SMTI Pontianak ini rupanya sudah memiliki skema sertifikasi yang lengkap dengan berbagai klaster sesuai bidang keahlian siswa,” ungkapnya.

Setelah diperkenalkan program unggulan SMK SMTI Pontianak, Kepala SMK N 2 Teluk Keramat sangat tertarik untuk melaksanakan kerja sama lebih lanjut.

Hal ini dalam rangka pengembangan sistem informasi akademik yang serupa milik SMK SMTI Pontianak sekaligus mengembangkan produk yang diterapkan di Teaching Factory-nya.

Kepala SMK SMTI Pontianak Marwandi menyatakan siap untuk menjalin kerja sama dan menjadi unit pembina bagi SMK N 2 Teluk Keramat.

“SMK SMTI Pontianak selalu siap menjadi unit pembina bagi SMK N 2 Teluk Keramat khususnya dan juga sekolah-sekolah lain yang ingin melakukan studi tiru inovasi yang diterapkan di sini. Ini sebagai bentuk komitmen kami di sini dalam menciptakan lulusan SMK kompeten dan siap kerja melalui kerja sama dalam perbaikan sistem pendidikan menuju arah yang lebih maju,” kata Marwandi.

Link berita : https://pontianak.tribunnews.com/2021/11/12/smkn-2-teluk-keramat-harap-bisa-bekerja-sama-dalam-pengembangan-sia-dengan-smti-pontianak