SMK SMTI Pontianak Raih Juara 3 Setara Perunggu pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - SMK SMTI Pontianak kembali mencetak prestasi.

Kini diraih oleh siswa dalam bidang kesenian pada kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), SMK SMTI Pontianak meraih juara inovatif 3 setara perunggu jenjang SMK dalam bidang seni musik tradisi daerah dan mewakili Kalimantan Barat.

Di tengah pandemi, Pusat Prestasi Nasional (Puspernas) Kemendikbud Ristek berkomitmen menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2021 secara daring serta mengangkat tema "Seni Pulihkan Negeri".

Melalui tema tersebut FLS2N 2021 diharapkan mampu semangat dan terus berjuang melawan Covid-19 dengan berkesenian.

Jumlah peserta yang terdaftar pada FLS2N 2021 sebanyak 1.883 siswa dengan total karya sebanyak 1.220 karya.

Peserta didik SMK SMTI Pontianak Aris Salim, Muhammad Alief Chandra, Resti Prisilia, Muhammad Sakhri Fadillah, dan Luciano Fredrico Banhuly dilatih guru pembimbing Reza Zulianda, menampilkan karya inovatif musik tradisi daerah berjudul "Enggang" memiliki makna tersendiri.

Enggang merupakan burung yang dianggap penting dalam kebudayaan masyarakat dayak, serta dipercaya turun dari langit dalam jelmaan dari leluhur dayak kenyah.

Saat ini Enggang sudah terancam punah keberadaannya akibat rusaknya habitat asli mereka di hutan Kalimantan.

Kemudian pada karya ini menceritakan tentang Enggang yang lahir, kemudian tumbuh besar sebagai burung yang gagah dan terbang di atas langit hutan dengan segala tantangan yang ada di sana. 

Kepala SMK SMTI Pontianak Sih Parmawati mengaku bangga dengan prestasi siswa dan tim kesenian SMK SMTI Pontianak yang telah berhasil membawa nama baik sekolah dan Kalimantan Barat.

“Semoga SMK SMTI Pontianak terus mencetak juara di kejuaraan di bidang- bidang lainnya,” harapnya.

Link berita : https://pontianak.tribunnews.com/2021/09/07/smk-smti-pontianak-raih-juara-3-setara-perunggu-pada-festival-dan-lomba-seni-siswa-nasional

Link video : Enggang, Musik Tradisi Daerah FLS2N SMK SMTI Pontianak