Penandatanganan MoU, SMK SMTI Pontianak Tambah Relasi Industri Guna Cetak Lulusan Kompeten

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - SMTI Pontianak sebagai sekolah menengah kejuruan mempunyai misi untuk menyiapkan tanaga kerja industri yang siap kerja dalam menghadapi persaingan global.

SMK SMTI Pontianak menjalin hubungan kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) sebagai wujud nyata dari pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda/Dual System.

Dengan demikian, penguasaan kompetensi peserta didik didapatkan melalui kegiatan belajar di sekolah dan belajar langsung dari DU/DI.

Kepala SMK SMTI Pontianak, Dra. Sih Parmawati, M.M mengatakan setiap tahunnya, SMK SMTI Pontianak terus berupaya untuk menambah relasi kerja sama DU/DI untuk memfasilitasi jumlah peserta didik yang kian meningkat.

"Kerja sama diwujudkan dengan pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin) bagi peserta didik, kuliah umum dengan narasumber dari pihak industri (silver expert), program magang industri bagi guru, dan rekrutmen lulusan," jelasnya.

Pada Minggu 20 Juni 2021 kemarin, SMK SMTI Pontianak kembali menambah mitra industri melalui penandatanganan MoU dengan PT. Karya Sekawan Bayanudin Bandung dan PT. Karya Sekawan Bayanudin Tasikmalaya yang merupakan produsen EPDM rubber & PVC weatherstrips di Indonesia untuk industri otomotif.

'Mengingat bahwa Kalimantan Barat merupakan daerah penghasil karet alam, kerja sama ini diharapkan dapat mengembangkan potensi daerah sekaligus membentuk sinergi yang baik antara SMK SMTI Pontianak sebagai lembaga pendidikan dengan dunia kerja industri," jelas Sih Parmawati.

Selain itu, penandatangan Mou juga dilakukan dengan PT. Mahajaya Plastindo Indonesia dan PT. Ocean Medika Indoensia, Tangerang. PT Mahajaya Plastindo Indonesia merupakan salah satu produsen berbagai jenis selang dan tube untuk perindustrian, pertanian, kesehatan serta keperluan rumah tangga.

Sementara, PT Ocean Medika Indonesia memproduksi alat-alat kesehatan.

Sebelumnya, pada Bulan Maret lalu telah dilakukan penandatangan Mou terkait Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indoensia Nomor 128/PMK.010/2019 tentang Pemberian Pengurangan Penghasilan Bruto Atas Penyelenggaraan Kegiatan Praktik Kerja, Pemagangan, dan/atau Pembelajaran dalam Rangka Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Tertentu juga dilakukan dengan dua perusahaan tersebut.

"Hubungan kerja sama SMK SMTI Pontianak dengan DU/DI ini perlu dibina secara secara berkesinambungan dalam upaya menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai bidang keahliannya dan tuntutan dunia kerja," kata Sih Parmawati.

Link Berita : https://pontianak.tribunnews.com/2021/06/21/penandatanganan-mou-smk-smti-pontianak-tambah-relasi-industri-guna-cetak-lulusan-kompeten