Jam :: Whatsapp Resmi 0856-5494-1105 e-Mail infokomsmtiptk@gmail.com
Halo Sobat Industri
Rabu, 24 Apr 2024
  • Selamat Datang di Zona Integritas SMK-SMTI Pontianak | Wilayah Bebas dari Korupsi | Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
20 Oktober 2023

Kemenkumham Kanwil Kalimantan Barat Tingkatkan Pemahaman Hak Kekayaan Intelektual Siswa SMK SMTI Pontianak melalui Penyuluhan Hukum

Jumat, 20 Oktober 2023 Kategori : Berita Sekolah

smtipontianak.sch.id, Pontianak – Senin (16/10/2023), Siswa kelas XI SMK SMTI Pontianak memperoleh penyuluhan hukum dari Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat. Kegiatan yang difasilitasi Bidang Kesiswaan SMK SMTI Pontianak ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap hukum, hak dan kewajiban sebagai pelajar agar tidak terjadi pelanggaran hukum.

“Saya mewakili pihak sekolah mengucapkan terima kasih atas kehadiran pihak Kemenkumham Kanwil Kalbar untuk memberikan penyuluhan, agar siswa-siswi kami sadar hukum semenjak dini, sehingga dapat terhindar dari tindak pelanggaran hukum”, ucap Waka Kesiswaan Setyo Widayanti, saat membuka kegiatan penyuluhan.

Kegiatan yang diawali dengan apel ini dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kalbar, Muhammad Tito Andrianto, didampingi Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Eva Gantini, Kasubid Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum, dan JDIH, Henni Oktora Widiastuti, beserta staf, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi penyuluhan hukum, khususnya mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Eva Gantini, menerangkan pentingnya pemahaman HKI, terutama di SMK SMTI Pontianak, karena merupakan sekolah kejuruan yang menghasilkan karya – karya inovatif.

“SMK SMTI Pontianak yang berbasis industri, sudah pasti ada karya – karya inovasi yang dihasilkan. Maka, untuk menghargai hasil olah pikir pada karya tersebut, negara memberikan perlindungan hukum dalam bentuk perlindungan kekayaan hak intelektual, agar tidak merugikan pencipta karya”, terangnya.

Pengetahuan HKI yang diberikan oleh para penyuluh hukum ini berupa pentingnya HKI, bentuk – bentuk HKI yang meliputi, Hak Cipta, Merek, Paten, Desain Industri, Rahasia Dagang, sistem pendaftaran HKI, syarat – syarat pendaftaran, serta jangka waktu perlindungan HKI.

Di akhir kegiatan, dilakukan sesi tanya jawab mengenai materi yang disampaikan narasumber, dan disambut antusias oleh siswa – siswi yang tertarik mengenai perlindungan hasil karya inovasi siswa maupun guru di SMK SMTI Pontianak.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan siswa – siswi SMK SMTI Pontianak dapat menjadi Sobat Cerdas Hukum yang menjaga ketertiban bersama, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, dan SMK SMTI Pontianak menjadi Sekolah Sadar Hukum.

Artikel ini juga tayang pada laman TribunNews Pontianak https://pontianak.tribunnews.com/2023/10/17/kemenkumham-kanwil-kabar-tingkatkan-pemahaman-hki-siswa-smk-smti-pontianak-melalui-penyuluhan-hukum

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.

SMK-SMTI Pontianak

SMK-SMTI Pontianak adalah salah satu dari sembilan SMK di Indonesia yang bernaung di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Kontak Layanan Publik

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Layanan Publik kami : Telp/Whatsapp : +62-856-5494-1105

Lokasi Kami

Jl. Sulawesi Dalam No.31, Akcaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Ikuti Sosial Media Kami