Sejarah SMK SMTI Pontianak

SMK SMTI Pontianak yang dulunya adalah STMA didirikan pada tanggal 15 Januari 1968 yang dikukuhkan dengan SK Gubernur KDH Tk.1 Kalimantan Barat No. 01/11-E/68. Pengelolaan SMTI Pontianak diserah terimakan dari Pemda Tk. 1 Kalimantan Barat ke Pihak Departemen Perindustrian. Pusat Pembinaan Pelatihan Keterampilan dan Kejuruan Industri. Sedangkan ijazah SMK SMTI dinilai, dihargai dan disamakan dengan ijazah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri berdasarkan SK Mendikbud RI No. 1277/C/Kep/1/87.

SMK SMTI Pontianak merupakan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di bawah Kementerian Perindustrian atau pada pendataan sekolah di Kemdikbud yaitu SMKN TI Pontianak dengan NPSN 30108179 memiliki tiga program studi yaitu:

1) Kimia Industri

2) Teknik Pemesinan

3) Analisis Pengujian Laboratorium

SMK SMTI Pontianak mengunakan sistem block dalam pembelajaran dan system moving class dengan model Pendidikan Sistem Ganda (Dual System). Sistem pembelajaran dijalankan berdasarkan kurikulum 2013 yang diterapkan sejak tahun pelajaran 2013/2014 dan saat ini telah menerapkan kurikulum 4.0.

Untuk menunjang kemampuan siswa dalam bidang kejuruan (produktif), pembelajaran di SMK SMTI juga terdapat dua kelompok pembelajaran penunjang, yaitu: kelompok normatif dan adatif. Sebagai media pendorong perkembangan pengetahuan komunikasi dalam rangka mencapai tujuan sistem pendidikan Nasional dan mengikuti perkembangan di era globalisasi, peserta didik dibekali dengan pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. 

Dalam memenuhi tujuan tersebut, SMK SMTI Pontianak di bawah pembinaan Pusat Pengembangan Pendidikan Kejuruan dan Vokasi Industri yang hanya satu-satunya berada di Pulau Kalimantan mengembangkan diri untuk menciptakan SDM industri yang berkualifikasi teknis sesuai dengan tuntutan industri dengan cara melaksanakan pembelajaran yang berkualitas.