Tinjau Kesiapan Gelar Ujian Kompetensi Keahlian, SMK SMTI Pontianak Tuai Respon Positif

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ujian Nasional sebagai syarat kelulusan telah dihapuskan. Sebagai gantinya, dilakukan UST (Ujian Sekolah Terkoordinasi) dan UKK (Uji Kompetensi Keahlian) agar lulusan khususnya dari SMK dapat terukur kompetensinya.

Sebelum melaksanakan UST dan UKK, Pengawas Pembina Diknas Provinsi Kalimantan Barat melakukan peninjauan di SMK SMTI Pontianak.

“SMK SMTI Pontianak sebagai sekolah menengah kejuruan yang mencetak tenaga kerja kompeten perlu melaksanakan uji kompetensi untuk mengukur tingkat kompetensi siswa. Kami melakukan tinjauan di workshop teknik pemesinan, workshop kimia industri, laboratorium analisis pengujian laboatorium,” jelas Pengawas Pembina Diknas Provinsi Kalbar, Dr.Hj. Eka Suharti Aprilianti, MM, saat berkunjung ke SMK SMTI Pontianak, Selasa, 9 Maret 2021.

Selain meninjuau peralatan dan mesin-mesin, pengawas melakukan peninjauan verifikasi dokumen-dokumen uji kompetensi.

LSP P-1 SMK SMTI Pontianak sebagai penyelenggara uji kompetensi memiliki 11 skema yang terdiri dari: Pengoperasian Peralatan Grinding dan Sizing, Pengoperasian Peralatan Ekstraksi dan Destilasi, Pengoperasian Peralatan Absorpsi, Adsorpsi, dan Penukar Ion Sederhana, Pengoparasian Evaporator dan Filtrasi, Pengoperasian Mesin Bubut, Pengoperasian Mesin Frais, Pengoperasian Mesin NC/CNC, Analisis Titrimetri dan Gravimetri, Analisis Proksimat, Analisis Menggunakan Instrumen, Analisis Mikrobiologi.

Di samping meninjau persiapan UKK, Pengawas Pembina juga berkesempatan untuk meninjau implementasi 4.0 melalui SMART Facilities yang diterapkan di SMK SMTI Pontianak dan beliau memberikan tanggapan positif terhadap fasilitas dan kesiapan SMK SMTI Pontianak.

“Secara keseluruhan kami sangat mengapresiasi kesiapan SMTI Pontianak untuk menggelar UKK. Bahkan untuk fasilitas penunjang pembelajaran siswa juga luar biasa, semoga SMTI dapat mencetak lebih banyak SDM unggul,” ujarnya.

Kepala SMK SMTI Pontianak, Dra.Hj.Sih Parmawati, MM, berterima kasih atas respon positif dari Pengawas Pembina Diknas Provinsi Kalbar. Dirinya berharap dapat memaksimalkan hasil UKK maupun UST dari para siswa.

“Terima kasih atas kedatangan Pengawas Pembina Diknas Provinsi Kalbar untuk meninjau kesiapan kami melaksanakan UST dan UKK. Kami akan terus memberikan yang terbaik sehingga dapat mencetak tenaga kerja kompeten,” tutup ibu Sih.

Link berita: https://pontianak.tribunnews.com/2021/03/11/tinjau-kesiapan-gelar-ujian-kompetensi-keahlian-smk-smti-pontianak-tuai-respon-positif