SMK SMTI Pontianak Siap Cetak Tenaga Kerja Terampil

SMK SMTI Pontianak berperan dalam menghasilkan tenaga terampil yang dibutuhkan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI). Dengan demikian, setelah melaksanakan pembelajaran praktik, peserta didik pun harus mengikuti uji kompetensi. Uji kompetensi merupakan penilaian kompetensi peserta didik terhadap pencapaian kualifikasi selama mengikuti pembelajaran praktik di masing-masing bidang keahlian.

Jumat (22/1/2021), Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK SMTI Pontianak menyelenggarakan uji kompetensi bagi peserta didik kelas XII. Sebelum pelaksanaan uji kompetensi, peserta didik telah dibekali pembelajaran praktik tatap muka dengan pembatasan. Uji kompetensi kali ini dilaksanakan pada Skema Sertifikasi Bidang Keahlian Kimia Industri dan Teknik Pemesinan. Klaster ujikom yang diujikan berupa Pengoperasian Peralatan Ekstraksi dan Destilasi, Pengoperasian Evaporator dan Filtrasi, Pengoperasian Mesin Bubut, Pengoperasian Mesin Frais, dan Pengoperasian Mesin NC/CNC.

SMK SMTI Pontianak berkomitmen untuk menghindari dan mematahkan stigma di masyarakat bahwa lulusan/alumni di era pandemi COVID-19 tidak memiliki kompetensi yang memadai. Untuk itu, SMK SMTI Pontianak siap memfasilitasi peserta didiknya dalam proses pembelajaran dan yakin bahwa peserta didik kompeten di bidang keahliannya dan siap bersaing di dunia kerja.