SMK SMTI Pontianak Kembali Meningkatkan Softskill Siswa Melalui Silver Expert

SMK SMTI Pontianak kembali melaksanakan ‘Silver Expert’ untuk siswa kelas X, XI, dan XII jurusan Analisis Pengujian Laboratorium (APL). Kegiatan kali ini mengundang pemateri dari PT Ligno Speciality Adhesive, Ady Akbar. Berbeda dari kegiatan silver expert sebelumnya, kali ini lebih fokus membahas terkait implementasi instrumentasi dan pengujian di industri. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 13 April 2021 melalui platform Zoom Meeting.

Selain memberikan materi, Ady Akbar juga memberikan gambaran jelas kepada siswa mengenai prospek ke depan setelah siswa lulus dari SMK SMTI Pontianak. Begitu juga dengan siswa, mereka antusias mengikuti kegiatan ini khususnya bagi siswa kelas XII. Kegiatan ini pun di dukung penuh oleh kepala sekolah, waka kurikulum, kepala program, dan guru pengampu. Sebab, dari kegiatan ini siswa dapat menambah wawasan dan belajar langsung dari pihak industri sehingga setelah lulus siap diserap di dunia industri.

Dalam materinya, Ady Akbar menjelaskan bahwa sektor manufaktur nasional sekarang ini harus siap menuju perubahan besar dalam menghadapi revolusi industri keempat atau industri 4.0. Konsekuensinya pendekatan dan kemampuan baru diperlukan untuk membangun sistem produksi yang inovatif dan berkelanjutan.