Rangkaian HUT Ke-53: Seminar Pengembangan Peralatan Inovasi Guru, Siswa, dan Alumni

Seminar alat yang dilaksanakan pada Senin (18/1) merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-53. Kegiatan ini dilaksanakan melalui zoom meeting dan diikuti oleh seluruh pegawai, siswa, dan alumni SMTI Pontianak. Narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Denni Setiawan Mustafa, ST., dari alumni dan Wahyu Widianto, ST.MT., dari perwakilan guru SMTI Pontianak. Seminar ini dibuka oleh kepala SMTI Pontianak, Dra. Sih Parmawati, MM. Seminar ini bertujuan untuk memamerkan hasil inovasi yang telah dihasilkan SMTI Pontianak dan memberi motivasi khususnya pada siswa agar lebih giat belajar serta berinovasi. Sebab SMTI Pontianak dipercaya di Kalimantan Barat khususnya Pontianak dalam menghasilkan inovasi baru yang dapat mempermudah pekerjaan.

Berikut ini hasil inovasi pengembangan alat dari SMTI Pontianak yaitu mini thiller (penggembur tanah) yang dapat menjadi solusi bagi regenerasi petani dalam proses pengolahan lahan untuk menggemburkan tanah yang siap tanam dan automatic roll cat yang memiliki kegunaan untuk melakukan pengecatan rumah yang menerapkan sistem pengisian cat secara otomatis berbasis elektrik. Selain itu, pandemi covid-19 sekarang ini juga mendorong SMTI Pontianak untuk berinovasi dengan menghasilkan handsanitizer, handsoap antiseptic,disinfektan gate, dan full mask air blow.

Selain inovasi yang dihasilkan SMTI Pontianak, alumni pun juga berinovasi membuat generator non BBM. Inovasi alat ini dibuat atas dasar permasalahan sehari-hari yang sangat memerlukan adanya listrik, karena listrik merupakan bagian dari hidup. Untuk itu, dibuatlah generator yang dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Siaran ulang seminar dapat disaksikan melalui link berikut :  Seminar Alat SMTI Pontianak