Peserta Ujian Daring Jarvis Terkendala Peralatan dan Jaringan, SMK SMTI Pontianak Memfasilitasi dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

SMK SMTI Pontianak kembali melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tahun ini. Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kini SMK SMTI Pontianak menggunakan Jalur Penerimaan Vokasi Industri (JARVIS) sesuai dengan program dari Kementerian Perindustrian. Program Jarvis ini awalnya untuk memfasilitasi peserta yang ingin mendaftar pada perguruan tinggi di bawah Kementerian Perindustrian. Sekarang program tersebut juga diterapkan untuk Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) dan Sekolah Menengah Analisis Kimia (SMAK) yang di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian. Program JARVIS dilaksanakan serentak sehingga menjadi terpusat (one-stop integrated service) dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan, pada Kamis (20/5) peserta Jarvis melaksanakan ujian. SMK SMTI Pontianak menyediakan fasilitas ujian untuk membantu peserta yang tidak memiliki peralatan ujian ataupun yang memiliki kendala jaringan. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebab, kegiatan ini dilaksanakan pada masa pandemi covid-19. Sebelum melaksanakan ujian, pada Selasa (18/5) telah dilaksanakan try out atau uji coba ujian daring Jarvis. Berdasarkan jadwal, hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 24—25 Mei 2021. Peserta yang nantinya dinyatakan lolos, selanjutnya SMK SMTI Pontianak akan mengadakan seleksi lanjutan yaitu wawancara. Tim kesiswaan SMK SMTI Pontianak berharap semua peserta ujian dinyatakan lolos dan banyak pula yang lolos di seleksi wawancara.