Pelajar SMTI Pontianak Raih Juara 2 Chemical Engineering Creatifest 2020 se-Kalimantan Barat

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Tanjungpura Menyelenggarakan  Lomba Esai Pelajar Tingkat SMA/SMK se-Kalimantan Barat CEC (Chemical Engineering Creatifest) 2020. Rangkaian kegiatan lomba yang mengusung tema "Strategi dan Inovasi Pelajar dalam Mewujudkan SDGs 2030 Berbasis Kearifan Lokal dan IPTEK Guna Mencapai Indonesia Emas 2045" dimulai sejak Maret lalu. Setelah melalui perubahan jadwal/timeline kegiatan sebagai dampak penyebaran COVID-19, akhirnya pada awal September diumumkan 5 finalis yang berhak mempresentasikan karyanya di hadapan para dewan juri pada Sabtu (19/9/2020) kemarin.

Tim SMK-SMTI Pontianak yang diwakili siswi Kelas XI Jurusan Analisis Pengujian Laboratorium (APL), Diana dan Resti Prisilia berhasil menjadi TOP 5 Finalis. Esai yang berjudul "Pemanfaatan Ekstrak Jeruk Sambal Pontianak sebagai Bahan Handsanitizer Alami Dengan Pemanfaatan Alkohol Ekstrak Buah Nanas" bimbingan Nurul Alfatimah  ini akhirnya berhasil meraih Juara 2 dan berhak memperoleh sejumlah uang pembinaan dan tiket Webinar

Wiwik Dwi Haryanti, selaku Ketua Program Analisis Pengujian Laboratorium SMK-SMTI Pontianak, menyampaikan apresiasinya terhadap pencapaian yang diraih peserta didik.

"Walaupun di tengah masa pandemi COVID ini tidak menghalangi siswa-siswi jurusan Analisis Pengujian Laboratorium untuk tetap berprestasi, dan tetap menunjukkan integrity of compentency mereka, salut untuk mereka yang tidak pernah putus harapan untuk mencapai Gold Prestige", ujarnya.

"Diharapkan dengan telah diraihnya juara 2 se-Kalbar pada Lomba Esai CEC 2020 ini menjadi motivator bagi siswa-siswi APL lainnya untuk mengikuti lomba pelajar yang sejenisnya dan semakin banyak muncul analis-analis hebat dalam memajukan bidang Kimia Analis yang kreatif, inovatif, dan kompeten khususnya di SMTI Pontianak", pungkasnya.