Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia, SMK SMTI Pontianak Menyelenggarkan Pembelajaran Langsung dari Industri (Silver Expert)

Dalam mendukung program Kementerian Perindustrian untuk meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM), SMK SMTI Pontianak telah melaksanakan silver expert. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 26 Maret 2021 melalui platform Zoom Meeting. Siswa kelas XI dan XII antusias mengikuti kegiatan ini yang disampaikan oleh Petrus Tedja Hapsoro sebagai narasumber. Ia adalah direktur PT Yogya Presisi Tehnikatama Industri (YPTI) yang berada di Yogyakarta.

Kegiatan silver expert ini salah satu bekal bagi siswa kelas XI untuk persiapan praktik kerja industri (prakerin) yang biasanya dilaksanakan di pertengahan tahun. Manfaat lainnya juga dirasakan oleh siswa kelas XII untuk menambah wawasan sebelum terjun langsung ke dunia kerja di industri. Tak luput pula, beberapa guru SMTI Pontianak pun turut mengikuti kegiatan tersebut.

Di dalam kegiatan tersebut, Petrus Tedja Hapsoro menyampaikan tentang budaya kerja industri. “Sebelum memasuki dunia kerja, pihak sekolah harus menyiapkan siswa untuk mampu dan siap kerja. Untuk menyiapkan peserta didik yang mampu dan siap memasuki dunia kerja, sekolah menyiapkan struktur organisasi yang dapat menjalankan dan mengevaluasi program kerja yang telah direncanakan. Untuk itu, dibutuhkan sikap dan perilaku untuk bekerja secara efektif, kreatif, dan inovatif sebagai kunci pokoknya”, tuturnya. Selain itu, Petrus Tedja Hapsoro percaya jika siswa dan lulusan SMK SMTI Pontianak adalah orang-orang yang sudah memiliki dan menerapkan sikap kerja.