LSP SMTI Pontianak Lakukan ‘Skill Passport’

Lulusan SMK biasanya sudah dibekali kompetensi melalui pembelajaran praktik yang mengacu pada SKKNI sesuai dengan kompetensi keahlian siswa dan mendapatkan sertifikat kompetensi sebagai pendamping surat kelulusan alumni SMK. Untuk mendapat sertifikat, siswa melaksanakan uji kompetensi terlebih dahulu. 

Selasa (23/2/2021), di SMTI Pontianak sedang berlangsung Assessment Skill Passport 1 di Bidang Keahlian Analisis Pengujian Laboratorium bagi siswa kelas X. Skill Passport merupakan sistem uji bertahap sesuai jenjang kelas untuk mendapatkan sertifikat uji kompetensi pada klaster uji kompetensi berikutnya.

Pada hakikatnya, skill passport dapat dijadikan sebagai panduan dan catatan bagi siswa dalam proses belajar dan berlatih untuk mencapai standar kompetensi/kompetensi dasar, yang keseluruhannya diperlukan sebagai syarat memperoleh sertifikat kompetensi . Oleh karena itu, skill passport ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program uji kompetensi terpadu.

Adapun unit yang diujikan pada Assessment Skill Passport meliputi: menggunakan Peralatan K3 sesuai Prosedur, melaksanakan Pekerjaan di Laboratorium, berkomunikasi dengan Orang Lain, membersihkan Laboratorium Uji, mengoperasikan Utilitas Laboratorium, memastilan Kualitas Air Suling dan Pereaksi, merawat Peralatan Gelas, merawat Peralatan Non-Gelas Mengikuti Prosedur, merawat Lingkungan Kerja Instrumen Analitik, merekam dan Menyajikan Data.