Guru SMK SMTI Pontianak Mewakili Kalbar Menjadi Finalis Lomba Keahlian Guru Tingkat Nasional

PONTIANAK - Seorang guru dituntut untuk dapat mengembangan profesinya sehingga dapat mengikuti perkembangan jaman yang semakin berteknologi tinggi ini. Terlebih lagi apabila guru tersebut mengampu mata diklat di bidang teknik pemesinan. Hal ini terjadi pada seorang guru muda yang berhasil mencetak prestasi di tingkat Nasional dan hanya satu-satunya yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat ini.

Siapakah dia? Tim Humas SMTI Pontianak berhasil mewawancarai guru berprestasi dalam liputan di bawah ini.

Sosok yang rendah hati, begitulah kesan ketika kita pertama kali bertemu dengan guru berprestasi dari SMK SMTI Pontianak ini.

Bernama lengkap Anggi Kusuma, Pak Anggi begitu kami akrab memanggilnya, adalah salah satu peserta yang menjadi perwakilan Kalbar untuk mengikuti Lomba Keahlian Guru Tingkat nasional Tahun 2019.

Keseharian  Anggi Kusuma adalah seorang guru yang mengajar di Program Keahlian Teknik Pemesinan di sekolah kami tercinta ini.

Kegiatan Lomba Keahlian Guru Tingkat Nasional yang diikuti Pak Anggi diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus.

Kegiatan ini dipusatkan di PPPPTK BMTI Bandung mulai tanggal 1 sampai dengan 5 Oktober 2019. Hal tersebut menjadi pembuktian keberhasilan Pak Anggi dalam pembagian waktu antara mengajar, membimbing siswa prakerin.

Anggi saat ini sedang bertugas juga untuk membimbing siswa prakerin kelas XII di Bandung dan pengembangan diri yang harus beliau lakukan dengan seimbang.

Dalam LKG 2019 ini, dilombakan 6 bidang lomba yaitu 4 untuk tingkat SMK dan 2 untuk tingkat SLB. Untuk perlombaan di tingkat SMK, materi lomba berkisar pada kompetensi guru di bidang Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif, TITL, serta RPL.

Sedangkan untuk tingkat SLB, materinya adalah Tata Kecantikan, Seni Kriya dan Seni Rupa. Pak Anggi adalah peserta lomba tingkat SMK dengan materi pada bidang Teknik Pemesinan sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaannya.

Dengan berbekal pengetahuan yang mumpuni serta dorongan penuh dari sekolah, Anggi Kusuma  dapat menyelesaikan perlombaan dengan baik.

"Semua yang berdiri di tempat ini sudah menjadi juara," ungkap  Anggi Kusuma.

Berdasarkan informasi dari dewan juri, persaingan saat ini lebih ketat daripada tahun sebelumnya. Untuk mengapresiasi setinggi-tingginya prestasi  Anggi Kusuma tersebut, Kementerian Perindustrian RI melalui BPSDMI dan Kepala SMK SMTI Pontianak akan memberikan  penghargaan berupa pelatihan ke Negeri Sakura, Jepang.

Dengan demikian, Anggi Kusuma dapat lebih mengembangkan kemampuannya di bidang teknik pemesinan.

Kepala SMK SMTI Pontianak  berharap bahwa dengan adanya penghargaan ini, guru-guru lain di SMK SMTI Pontianak juga dapat lebih bersemangat untuk menunjukkan prestasi di bidangnya masing-masing sehingga sekolah ini semakin maju dan jaya. (adv/devi).