Enam Puluh Perusahaan Siap Menerima Siswa SMK SMTI Pontianak untuk Prakerin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tahun ini SMK SMTI Pontianak tetap menerjunkan siswa kelas XI untuk praktik kerja industri (prakerin) ke beberapa perusahaan baik dalam maupun luar Kalimantan Barat. Tercatat 60 perusahaan siap menerima siswa SMK SMTI Pontianak untuk prakerin. Sebanyak 48 perusahaan berada di dalam Kalimanan Barat dan 12 perusahaan di luar Kalimantan Barat. Kepala SMK SMTI Pontianak Sih Parmawati menjelaskan kegiatan prakerin ini merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya dan menjadi salah satu syarat kelulusan.

"Prakerin ini diwajibkan karena untuk melatih serta mengasah keterampilan, membentuk mental, menambah kreativitas, membentuk pola pikir agar terkonstruktif baik, dan memberikan pengalaman dalam dunia industri maupun dunia kerja," jelasnya.

Proses penyebaran siswa prakerin sempat mengalami beberapa kendala dikarenakan Covid-19. Namun, dari Tim Hubungan Industri (Hubin) dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan isolasi mandiri. Selain itu, 80% dari total perusahaan berada di dalam Kalimantan Barat. Sehingga sebanyak 244 siswa., terdiri dari 128 siswa jurusan Teknik Pemesinan (TP), 65 siswa jurusan Kimia Industri (KI) dan 49 siswa jurusan Analisis Pengujian Laboratorium siap diterjunkan ke dunia industri untuk melaksanakan prakerin. Sebelum siswa diterjunkan, Selasa 18 Mei 2021 , Tim Hubin memberikan pengarahan kepada orang tua/wali murid terkait prakerin yang akan dilaksanakan selama satu tahun.

Pengarahan ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman mengenai informasi terkait kegiatan prakerin. Selain itu, diperlukan pula kerja sama antara sekolah dengan orang tua dalam kegiatan prakerin ini. Turut hadir pula staf pegawai BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan pengarahan mengenai ketenagakerjaan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan peserta dibagi menjadi dua sesi. Berdasarkan jadwal, penerjunan siswa prakerin pada Juni—Agustus 2021 yang akan didampingi oleh guru pembimbing masing-masing.


Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul 60 Perusahaan Siap Menerima Siswa SMK SMTI Pontianak untuk Prakerin, https://pontianak.tribunnews.com/2021/05/19/60-perusahaan-siap-menerima-siswa-smk-smti-pontianak-untuk-prakerin.

Editor: Nina Soraya