Bangun Karakter Unggul, SMK SMTI Pontianak Adakan LDKS Masa Bakti 2021-2022

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK SMTI Pontianak. Kegiatan yang mengusung tema “Membentuk Kader Pemimpin yang Unggul, Berkarakter, dan Religius di Era Milenial” di masa pandemi COVID-19 ini memang tidak dapat diselenggarakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian, kegiatan LDKS tahun ini diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Meetings.

LDKS diselenggarakan selama 2 hari, Sabtu (23/1/2021) dan Minggu (24/1/2021), merupakan serangkaian kegiatan kaderisasi pengurus OSIS. Kegiatan yang diikuti 26 calon pengurus OSIS masa bakti 2021-2022, meliputi pembekalan materi kepemimpinan dan tes kepribadian singkat. Pada Sabtu (23/1/2021), turut hadir Kepala SMTI Pontianak, Sih Parmawati yang memberikan sambutan dan motivasi bagi seluruh peserta sekaligus membuka acara, yang didampingi pula oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, dan Pembina OSIS.

Sejalan dengan tema yang diusung, peserta dibekali materi How to be a Great Leader dalam organisasi dan materi Budaya Organisasi. Di samping materi-materi kepemimpinan, memasuki era digital industri 4.0, dimana publikasi digital merupakan sarana “berbicara” di media sosial, para peserta dibekali pula materi Social Media Specialist. Dengan bekal materi ini diharapkan para pengurus OSIS menjadi lebih aktif mempublikasikan kegiatan-kegiatannya di media sosial sebagai ajang promosi dan branding nama sekolah.

Setiap organisasi atau pun unit kerja di SMK SMTI Pontianak dituntut untuk memiliki program-program yang sejalan dengan visi dan misi sekolah tak terkecuali OSIS. Untuk itu, peserta dibekali juga materi Enterpreneurship, sesuai misi sekolah pada poin ke empat, “Mengembangkan unit usaha sekolah dalam rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa”. Kedepannya OSIS diharapkan dapat menyelenggarakan ataupun terlibat dalam kegiatan-kegiatan intra maupun luar sekolah yang dapat meningkatkan jiwa kewirausaahan peserta didik SMK SMTI Pontianak.

Keseluruhan materi-materi pembekalan pada LDKS ini diharapkan dapat memotivasi peserta dan sebagai bekal peserta, terutama calon pengurus OSIS dalam menjalankan tugas-tugasnya nanti. Para calon pengurus OSIS masa bakti 2021-2022 ini diharapkan mampu untuk menjadi penggerak dan motivator bagi para peserta didik lainnya untuk mencapai tujuan bersama yang sejalan dengan program sekolah.