Ada yang Beda dengan Penerimaan Siswa Baru di SMK SMTI Pontianak

PONTIANAK - Pandemi COVID-19 tidak menghalangi pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB) tahun pelajaran 2020/2021 di SMK SMTI Pontianak. Kegiatan PSB sudah menjadi agenda tahunan, tetap dapat terselenggara sebagaimana mestinya. Setelah pelaksanaan PSB Jalur Non-Tes pada bulan Maret, kali ini PSB dilanjutkan melalui jalur tes. Tes online bagi calon siswa baru pendaftar gelombang 1, telah dilaksanakan pada 14 s.d. 16 April 2020. Dari hasil tes online tersebut, sebanyak 309 siswa dinyatakan lulus dan dibagi untuk selanjutnya mengikuti tes wawancara yang diselenggarakan di hari yang berbeda.

Pada hari Senin (27/04/2020) sebanyak 155 calon siswa baru mengikuti tes wawancara. Mereka berasal dari berbagai sekolah menengah pertama dan MTs yang tersebar di seluruh Kalimantan Barat. Dalam mematuhi imbauan physical distancing dan social distancing, seluruh rangkaian tes wawancara dilaksanakan secara online. Meskipun wawancara dilakukan secara online, namun tidak mengurangi syarat-syarat yang diberlakukan agar lolos dalam PSB ini.

Pewawancara yang merupakan tenaga pendidik, bertugas melakukan serangkaian tes melalui video call. Tes tersebut berupa tes pemeriksaan fisik, tes buta warna, serta tes untuk menggali keseharian, perilaku, dan sikap calon siswa baru yang didampingi orangtua/wali siswa. Selain itu, pewawancara juga menginformasikan pola pendidikan sistem ganda yang diterapkan di SMK SMTI Pontianak, sehingga diharapkan para siswa baru memiliki kesiapan yang matang dari segi fisik dan mental saat menjalani praktik kerja industri (prakerin) selama 1 tahun di perusahaan industri.

Tes wawancara online hari kedua akan diselenggarakan pada Selasa, 28 April 2020 besok. Disusul juga dengan pembukaan pendaftaran jalur tes gelombang 2. Semoga PSB tahun ini berjalan lancar sehingga diperoleh siswa-siswa yang berkualitas, kompeten, dan berakhlak mulia.